Google Belum Update Pagerank, Apa Yang Terjadi?

Lewat sudah hari-hari ketika pertama kali saya mengetahui dunia blog dan terobsesi dengan Google PageRank. Terutama dengan nomimal PageRank yang merupakan skala 0 hingga 10 yang dapat kita lihat pada berbagai toolbar di web. Padahal jika dicermati, PageRank hanya sebuah nomimal yang dibuat oleh Google untuk menilai banyaknya pada sebuah web/blog. Hal ini tidak berdampak langsung pada bloggers yang hanya ngeblog karena hobi saja, tapi bagaimana dengan orang yang bekerja keras begadang setiap hari untuk mencari nafkah dari dunia blog? tentu PageRank nyata dan sangat ditunggu.


image Yang membuat saya penasaran dan menjadi pertanyaan saya, kenapa Google sampai saat ini belum melakukan update PageRank? Saya melihat dan mengecek disemua blog atau web yang biasa saya kunjungi dan memang hasilnya sama, Google memang belum update PageRank. Google update PageRank  terakhir 2 April 2010, dan yang seharusnya terjadi adalah akhir bulan juli atau awal agustus 2010 Google sudah update pagerank, tapi sejauh ini tidak ada yang terjadi.


Berpikir tentang masalah ini, satu pertanyaan muncul dalam pikiran saya : Bagaimana jika Google benar-benar menghapus PageRank? Artinya, bagaimana jika semua toolbar berhenti bekerja, dan tak seorang pun akan dapat melihat indikator berapa banyak  backlink web atau blog? Apa dampak perubahan tersebut pada webmaster / blogging / industri SEO? Beberapa orang berpendapat jika Google menghapus nominal pageRank maka akan membunuh pasar jual beli link. Saya tidak berpikir begitu. Selama backlink memainkan peran dalam algoritma pencarian peringkat, masih akan ada orang-orang yang membeli mereka.

 

Tetapi tanpa PageRank, proses pembelian atau penjualan link akan sedikit berubah. Saya percaya bahwa layanan backlink analisis berbayar akan mendapatkan banyak klien lagi, karena hal ini akan menjadi cara terbaik untuk mengevaluasi otoritas link dari setiap web/blog. Saya berpikir lebih penting dari itu, bagaimanapun efek perubahan tersebut akan ada di pikiran pemilik web. Mungkin sebagian besar dari mereka akan menyadari yang lebih penting bukanlah lagi nominal PageRank, tapi lebih pada kualitas konten/isi blog.

 

Saya percaya bahwa jika PageRank dihapus maka bloggers dan pemilik web lainnya akan menjadi enggan atau malas untuk saling tukar link lagi, akibatnya hubungan antar sesama bloggers akan semakin renggang, hhmm semoga saja tidak terjadi.


Tapi apa yang sobat pikirkan? Apakah perubahan ini bersifat positif atau negatif? Apa aspek-aspek lain akan dipengaruhi?

Posting Komentar